• header
  • header2
  • header3
  • header4
  • header5
  • header6

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 1 SUBAH | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 SUBAH

NPSN : 20322741

Jl.Raya Jatisari Subah Batang Jawa Tengah 51262


info@sman1subah.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 374381
Pengunjung : 107997
Hari ini : 14
Hits hari ini : 37
Member Online : 1
IP : 18.232.186.117
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

SMA SUBAH PIONIR PENGADAKAN UJIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID DI KABUPATEN BATANG




SMA Negeri 1 Subah tahun ajaran 2019-2020 ini berani tampil beda dengan penggunaan Android Based Test (ABT) sebagai sarana untuk Ujian Sekolah. SMA Negeri 1 Subah menjadi yang pertama dalam Ujian Sekolah berbasis Android untuk SMA/MA di Kabupaten Batang. Sebagai pionir, tentu tidak mudah untuk meyakinkan bahwa ABT ini aman dan ramah siswa dan juga ramah untuk sekolah yang sudah menerapkan gratis SPP mulai Januari 2020 ini.


Android Based Test (ABT) tersebut memiliki banyak kelebihan. Salah satunya yaitu dapat mengurangi penggunaaan kertas soal dan lembar jawab ujian, yang artinya hal tersebut dapat mengurangi konsumsi kertas di lingkungan sekolah. Secara tidak langsung, hal tersebut juga dapat mengurangi penebangan pohon dan pemanasan global yang saat ini menjadi ancaman serius bagi bumi. Dengan berkurangnya penggunaan kertas di lingkungan sekolah juga berdampak pada pembiayaan sekolah, yang mana biaya Ujian Sekolah terbesar ada di penggandaan soal. Dan dengan menggunakan Android sebagai media untuk menampilkan soal dan mengerjakan soal dapat mengurangi biaya yang cukup besar.


Kelebihan lain selain dalam mengatasi masalah keuangan adalah dapat mengurangi kecurangan siswa saat pelaksanaan Ujian Sekolah. Selama ini banyak siswa yang ketahuan mencontek menggunakan gawai yang disembunyikan. Dengan menggunakan Android sebagai sarana pengganti soal dalam bentuk kertas, sekarang  gawai siswa sudah tidak perlu lagi disembunyikan untuk menyontek, kita libatkan gawai mereka untuk ujian. Dengan menggunakan aplikasi exam yang harus terinstal di HP Android mereka, maka ujian akan aman dari mencontek karena siswa tidak akan dapat keluar dari pekerjaan mereka untuk sekedar membuka galeri ataupun dokumen di memori mereka selama mereka menggunaan aplikasi tersebut. Karena dengan aplikasi exam ini siswa hanya bisa membuka gawai untuk mengerjakan soal sampai waktu ujian yang sudah ditentukan selesai. Pada ABT ini juga dapat diatur kapan siswa dapat melakukan submit atau pengumpulan jawaban sehingga siswa dituntut untuk memanfaat waktu pengerjaan dengan sebaik mungkin. Pembatasan waktu tersebut diatur oleh tiap-tiap server.


SMA Negeri 1 Subah menggunakan aplikasi CBT admin pada servernya untuk pelaksanaan ABT kali ini. Semua jaringan yang digunakan menggunakan jaringan offline, sehingga siswa harus mengakses server dengan menggunakan access point yang terhubung ke server. Dengan penggunaan jaringan offline juga berperan aktif untuk mengurangi kecurangan siswa melakukan chatting dan mencari jawaban di internet selama mereka ikut ujian. Untuk melatih kejujuran siswa, soal disetting acak, baik nomor maupun option nya sehingga  membuat siswa juga tidak mungkin dapat bertanya jawaban kepada temannya.


ABT ini juga dapat meringankan beban guru. Guru tidak perlu melakukan koreksi pekerjaan siswa satu per satu karena jawaban akan dikoreksi oleh sistem secara langsung, cepat dan akurat. Nilai Ujian dapat disetting untuk dapat dilihat langsung oleh siswa dan dapat juga di setting agar siswa tidak mengetahui nilai secara langsung.


Menurut Annisaq, kelas XII MIPA 4 sebagai pengguna sistem ABT, pelaksanaan Ujian Sekolah berbasis Android tahun ini sangat menarik. Dengan penggunaan sistem yang ketat terhadap percobaan tindak kecurangan siswa, sangat menguntungkan bagi siswa yang memang benar-benar mempersiapkan Ujian Sekolah ini dengan sangat siap. Dengan penggunaan ABT ini juga dapat mempersingkat waktu, biasanya siswa akan membutuhkan banyak waktu untuk mengisi identitas dan option jawaban di kertas lebar jawab. Dengan ABT, setiap siswa akan mendapat kode masing-masing untuk login sehingga identitas siswa akan muncul secara otomatis ketika memasukkan kode tersebut. Untuk menjawab soal, siswa hanya akan diinstruksikan untuk meng-klik jawaban yang menurutnya benar. Dalam pelaksanaan ujian, aplikasi akan memberikan waktu yang dihitung mundur, sehingga siswa dapat juga memprediksi dan membuat strategi dalam mengerjakan soal agar selesai tepat waktu.


Memang, biaya untuk mengadakan server dan Access Point untuk ABT tidaklah sedikit. Namun dibandingkan dengan biaya penggandaan soal berbasis kertas penggunaan server dan Access Point untuk ABT dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan berkali-kali, dapat juga digunakan untuk Ulangan Harian.


Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Subah, Bapak Drs. Saefudin mengemukakan bahwa ini merupakan era baru SMA Negeri 1 Subah, sekolah yang berbasis teknologi Informasi menuju Ujian Sekolah yang berintegritas “Mandiri dan Berkualitas”. Karena perkembangan teknologi tidak untuk dihindari tetapi harus diikuti.


 


#Mandiri&Berkualitas



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas