• header
  • header

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 1 SUBAH | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 SUBAH

NPSN : 20322741

Jl.Raya Jatisari Subah Batang Jawa Tengah 51262


info@sman1subah.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 276302
Pengunjung : 69446
Hari ini : 10
Hits hari ini : 37
Member Online : 1
IP : 54.80.93.19
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PEKIK MERDEKA




 

 

 

 

PEKIK MERDEKA

UPAYA MEMBANGUN KESADARAN BERKONSTITUSI

PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 SUBAH

 

 

 

 

BEST PRACTICE

 

Disajikan dalam Rangka Mengikuti Seleksi  

Guru Calon Penerima Anugerah Konstitusi Tahun 2016

 

 

Oleh

Sugito, S.Pd., M.Si.

Guru SMA Negeri 1 Subah Kab. Batang

 

 

 

PEMERINTAH PROPINSI JAWA TENGAH

DINAS PENDIDIKAN

2016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

Karya tulis ilmiah dalam bentuk best practice yang berjudul: PEKIK MERDEKA:   upaya membangun kesadaran berkonstitusi peserta didik SMA Negeri 1 Subah, disusun oleh Sugito, S,Pd., M.Si. (Guru SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang) diketahui dan disahkan pada :

                       

 

                        Hari                             : Kamis

                        Tanggal                     : 28  Juli 2016

 

 

 

 

  Semarang, 28 Juli 2016

a.n Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

Kepala Bidang PPTK    

 

 

 

IMRON ROSYADI, S.H., M.Pd.

Pembina Tingkat I

NIP 19581227 197903 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PRAKATA

 

 

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, mengiringi selesainya penyusunan karya tulis yang berjudul  PEKIK MERDEKA:   Upaya Membangun Kesadaran Berkonstitusi Peserta Didik SMA Negeri 1 Subah.

            Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ungkapan terima kasih yang tulus kepada yang terhormat:

  1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah atas bimbingan dan kepercayaan yang diberikan kepada penulis.
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batang yang selalu memberikan motivasi berprestasi dan memfasilitasi beberapa kegiatan di kabupaten
  3. Kepala SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang yang telah memberi dukungan, pengarahan, dan motivasi dalam berbagai aktivitas.
  4. Rekan pendidik, staf tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang  atas motivasi dan kerjasamanya.
  5. Peserta didik kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang atas partisipasi dan dukungannya.
  6. Keluarga tercinta, istri dan ketiga anakku yang selalu memberikan waktu dan dukungan.

            Semoga budi baik yang telah diberikan kepada penulis secara tulus dan ikhlas mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa. Penulis menyadari karya tulis dalam bentuk best practice ini masih terdapat kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kritik yang konstruktif penulis harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini.

                                                                                               

                                                                                               

                                                                                                Subah, 28 Juli 2016

 

 

                                                                                   

                                                                                                Penyusun

ABSTRAK

 

 

Sugito, S.Pd., M.Si. PEKIK MERDEKA: upaya membangun kesadaran berkonstitusi peserta didik SMA Negeri 1 Subah. Forum Ilmiah Guru PPKn SMA Tingkat Nasioal. 2016.

Permasalahan dalam best practice ini adalah: 1) bagaimanakah implementasi model pembelajaran PEKIK MERDEKA dalam membangun kesadaran berkonstitusi peserta didik SMA Negeri 1 Subah; 2) bagaimanakah hasil dan dampak model pembelajaran PEKIK MERDEKA dalam membangun kesadaran berkonstitusi peserta didik SMA Negeri 1 Subah, dan; 3) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat model pembelajaran PEKIK MERDEKA dalam membangun kesadaran berkonstitusi peserta didik SMA Negeri 1 Subah?

Implementasi model pembelajaran PEKIK MERDEKA sangat mudah, murah, dan sederhana namun membawa dampak dan hasil yang optimal. Implementasi menggunakan media amplop dan kartu pasal, dengan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk belajar, dengan teknik pembelajaran yang variatif.

Model pembelajaran PEKIK MERDEKA berhasil meningkatkan kesadaran berkonstitusi peserta didik  SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang dari kategori sedang (78), menjadi kategori tinggi (83). Tingkat  kesadaran berkonstitusi meningkat dari kategori sedang (76) meningkat menjadi kategori tinggi (85). Perilaku kesadaran berkonstitusi meningkat dari kategori tinggi (80) menjadi kategori kategori sangat tinggi (94)   Hal tersebut berdampak pada meningkatnya kesadaran berkonstitusi warga sekolah dan peningkatan perolehan penghargaan bagi peserta didik dan guru.

Penerapan PEKIK MERDEKA didukung oleh beberapa faktor, antara lain: 1) motivasi dari diri sendiri untuk berinovasi dan berprestasi; 2) respon positif dari peserta didik; 3) motivasi dari pimpinan dan teman sejawat, dan; 4) tersedianya sarana dan prasarana. Sedangkan hambatannya antara lain; 1) kelas yang digunakan bukan khusus kelas Mata pelajaran PKn (moving class; 2) masalah-masalah sosial yang menjadi obyek pengamatan langsung tidak semuanya ada terjadi di lingkungan peserta didik, dan; 3) peristiwa yang dijumpai peserta didik sangat komplek.

 

 

Kata kunci:    

PEKIK MERDEKA, kesadaran berkonstitusi

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

   Halaman

JUDUL……………………………………………………………………………..

I

LEMBAR PENGESAHAN....................................................................................    ii

Ii

PRAKATA   .............................................................................................................

Iii

SARI.........................................................................................................................

Iv

DAFTAR ISI.............................................................................................................

V

DAFTAR GAMBAR………………………………………………………………

Vi

DAFTAR BAGAN ...……………………………………………………………

Vi

DAFTAR LAMPIRAN………….…………………………………………………

Vii

 

BAB I PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang Masalah..................................................................................   1

1

  1. Pembatasan Istilah…………………………………………………………….

3

  1. Rumusan Masalah............................................................................................

3

D. Tujuan dan Manfaat..........................................................................................   3

4

 

BAB II  KAJIAN TEORI

 

A. Model PEKIK MERDEKA  …………………………………………………..

6

  1. Pembelajaran Efektif……………………………………………………...

6

  1. 2. Pembelajaran Kontektual………………………………………………...

8

  1. 3. Pembelajaran Inovatif……………………………...………………….…

9

  1. 4. Pembelajaran Kreatif……….………………………………………….…

11

  1. 5. Pendekatan Saintifik ……………………………………………………

12

  1. Kesadaran Berkonstitusi

 

  1. Pengertian Konstitusi..………………………………………………….   

14

  1. Hak dan Kewajiban Warga Negara…..………………………………..

14

  1. Membangun Kesadaran Berkonstitusi .…..………………………….

16

  1. Kerangka Berfikir…………………………...……………………………. 

18

 

 

BAB III  IMPLEMENTASI PEKIK

 

  1. Proses Pembelajaran PEKIK ........................................................................

20

  1. Hasil dan Dampak yang dicapai dari Model PEKIK ..................................

28

  1. Dukungan dan Hambatan …………………………………………………..

33

  1. Alternatif Pengembangan ………………… ...........................................

35

 

BAB IV    SIMPULAN DAN SARAN

 

  1. Simpulan….......................................................................................................

36

  1. Saran.................................................................................................................. 36

36

 

DAFTAR PUSTAKA              3

 

38

 

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 1

Amplop Bekas Ulangan Akhir Semester

20

Gambar 2

Amplop Pasal

20

Gambar 3

Penempelan amplop pasal pada papan yang telah disediakan

21

Gambar 4

Peserta didik memasukkan kartu hasil pengamatan

22

Gambar 5

Pembagian Kelompok

22

Gambar 6

Temuan Hasil Pengamatan

23

Gambar 7

Kartu Pengamatan Hasil Pengamatan

23

Gambar 8

 Kartu dan papan pajangan kartu pengamatan

23

Gambar 9

 Bermain kelompok dengan media kartu dan amplop pasal

25

Gambar 10

Contoh pasangan 2 kartu diambil dari amplop pasal 26

25

Gambar 11

 Kepala Desa Kemiri Timur sedang memberi keterangan perihal tata cara kepemilikan KTP

26

Gambar 12

 Wawancara dengan Kepala Pasar Limpung Kab. Batang

26

Gambar 13

Investigasi masalah kesadaran berlalu lintas

26

Gambar 14

Diskusi  merumuskan simpulan hasil  pengamatan dan investigasi

27

Gambar 15

 Peserta Didik Mengkomunikasikan Hasil Analisis

27

Gambar 16

Guru Melakukan evaluasi/refleksi

28

Gambar 17

Juara 1 Lomba PPKJ  SMA/SMK Kabupaten Batang  tahun 2016

30

Gambar 18

Juara 1 Lomba PPKJ  SMA/SMK  Kabupaten Batang Tahun 2015

31

Gambar 19

Penyampaian Aspirasi Pembangunan Oleh

Ketua BPD Desa Lobang (Bpk. Sugito, S.Pd., M.Si.) Kepada Anggota DPRD Batang tanggal 27 April 2016

31

Gambar 20

Kegiatan sebagai Instruktur Nasional Implementasi Kurikulum 2013

32

 

 

 

Gambar 21

Kegiatan Sebagai  Narasumber Implementasi Kurikulum (2015)

33

Gambar 22

Kegiatan sebagai Narasumber Nasional Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar (2016)

33

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR BAGAN

Halaman

Bagan 1.  Alur Pemanfaatan Kartu dan Amplop Pasal

        10

Bagan 2.  Ilustrasi permainan kelompok

12

Bagan 3 . Alur Penerapan Model PEKIK MERDEKA dalam

                Kesadaran Berkonstitusi

13

 

Bagan 4. Kerangka Pikir

19

Bagan 5. Peningkatan Prestasi Belajar

29

Bagan 6. Peningkatan kesadaran berkonstitusi sebelum dan sesudah

               Penerapan Model PEKIK MERDEKA

30  

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas